ASTAGFFIRULLAH…! by Arwani Amin

Tiada hari tanpa istighfar. Rasulullah saw saja beristighfar seratus kali setiap hari. Padahal beliau terjaga dari perbuatan dosa, atau disebut “ma’shum”. Mungkin kita bertanya. Lalu apa manfaat istighfarnya? Bukankah istighfar itu berarti minta ampun kepada Allah atas dosa-dosa?

Benar. Istighfar itu berarti minta ampun. Kalau kita mengucap “Astaghfirullah”, artinya “Aku mohon ampun kepada Allah”. Tapi jangan lupa, bahwa istighfar itu juga merupakan bagian dari dzikir. Sedangkan kita diperintahkan untuk banyak berdzikir kepada Allah. Agar tidak menyamai orang-orang munafik yang jarang mengingat Allah.

Manfaat istighfar sangatlah banyak dan besar. Bolehlah kita singgung sebagiannya.

1. Aman dari Adzab

Sudah banyak contohnya, umat-umat yang dibinasakan Allah lantaran dosa mereka menentang para rasul yang diutus Allah. Kaum nabi Nuh as disapu banjir besar, Fir’aun ditenggelamkan di laut merah, dan Qorun ditelan bumi.
Kita dijamin aman dari nasib di atas sepanjang kita – secara komunitas bukan hanya seorang diri – mau mohon ampun kepada Allah dan memperbaiki kesalahan.

Karena Allah telah berjanji:

وَمَا كَانَ اللَّهُ مُعَذِّبَهُمْ وَهُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan Allah tidak akan menimpakan adzab kepada mereka, sedang mereka beristighfar.”(Qs.Al-Anfal/8: 33).

2. Disayang Allah

Nabi shalih as berpesan kepada kaumnya soal istighar. Pesannaya kemudian diabadikan dalam al-qur’an. Yaitu:

لَوْلَا تَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Hendaknya kalian beristighfar kepada Allah agar memperoleh kasih sayang (Nya)” (Qs. An-naml 46)

3. Ditambah Kekuatan

Ibadah haji memerlukan fisik yang bukan hanya sehat, tapi juga bugar dan kuat. Agar bisa melayani diri sendiri dan bisa membantu orang lain. Karenanya, maka kita perlu memperbanyak istighfar. Sebab dengan istighfar, Allah akan menambah kekuatan disamping kekuatan yang sudah ada.

Nabi Hud perpesan kepada kaumnya (yang artinya): “Hai kaumku, beristighfarlah kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan deras kepadakalian, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatan kalian, dan janganlah kalian berpaling dengan berbuat dosa.” (Qs. Hud /11: 52).

4. Lepas Kesulitan

Ini resep kenabian. Jangan lupa beristighfar ketika menghadapi kesulitan. Kesulitan apa saja. Nabi Muhammad saw bersabda:

مَنْ لَزِمَ الاِسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ

“Siapa membiasakan istighfar, maka Allah memberinya jalan keluar dari setiap kesempitan, melepaskannya dari setiap kesedian, dan memberinya rizki yang tidak pernah ia perhitungkan” (Hr. Abu Dawud. Albani medha’ifkannya).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *