RAUDHOH TAMAN SURGA by Arwani Amin

Kata “Taman” menyiratkan keindahan. Tempat yang nyaman berhias bunga dan gemercik air mengalir. Kita bisa rekreasi di sana untuk melepas kepenatan. Sebagaimana kata “Taman” itu indah diucapkan dan didengar, lebih indah lagi kalau kita berada di sana dan menikmati suasana di dalamnya. Untuk itu, marilah kita bersama-sama ke taman, bukan sembarang taman, melainkan ”Taman Surga”.

1. Di Masjid Nabawi

Di masjid nabawi, ada satu are yang oleh nabi Muhammad saw disebut ”Taman Surga” atau ”Raudhah”. Yaitu tempat yang berada diantara rumah dan mimbar nabi. Sabda beliau:

مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

”Antara rumahku dan mimbarku adalah satu taman diantara taman-taman surga” (Hr. Bukhari dan Muslim).

Ketika rasulullah saw wafat, maka rumah beliau digunakan untuk menguburkannya. Karena, nabi itu dikuburkan dimana ia wafat. Selanjutnya, kedua sahabat beliau yang mulia, yaitu Abu Bakr dan Umar bin Khattab dikuburkan di sampingnya. Area raudhah bisa dikenali dengan mudah. Karena warna karpet yang digelar di sana berbeda dengan warna karpet lainnya. Kalau belum ada perubahan, karpet di raudhah berwarna hijau dan tiang-tiangnya berwarna putih.

Kita membayangkan alangkah bahagianya para sahabat duduk di raudhah. Mereka menyaksikan rasulullah duduk di mimbar, dan menyimak setiap kata yang keluar dari lisan beliau dengan khidmat. Kita bisa membayangkan pula, di tempat itulah, dahulu nabi dan para sahabatnya ruku’ dan sujud meletakkan dahinya.

Sungguh, beribadah di raudhah dengan shalat, do’a, membaca alqur’an, atau dzikir lainnya merupakan kenikmatan tersendiri. Kalau ada kesempatan masuk ke sana, nikmatilah suasana itu dan manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya.

2. Di Majlis Dzikir

Masih ada raudhah lainnya. Yaitu majlis dzikir. Kalau kita duduk bersama di suatu majlis, untuk membaca dan mempelajari alqur’an, atau mengkaji hadits-hadits rasulullah saw, saling menasehati, atau mendengarkan taushiyah, maka majlis itu disebut majlis dzikir. Dan setiap masjid dzikir adalah raudhah atau taman surga.

Rasulullah saw bersabda:

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا

”Jika kalian melintasi taman-taman surga, maka rekreasilah…!”
Para sahabat bertanya:

وَمَا رِيَاضُ الْجَنَّةِ

”Apa itu taman-taman surga?”
Beliau menjawab:

حِلَقُ الذِّكْرِ

”Yaitu majlis-majlis dzikir” (Hr. Tirmidzi)

Dari waktu ke waktu, kita sangat membutuhkan majlis-majlis dzikir. Tujuannya, agar pemahaman kita terhadap Islam semakin utuh, hati semakin tentram, dan selalu berjalan ”On the Track” pada rel yang benar. Untuk itu, Penuhilah undangan untuk menghadiri ke taman surga yang disiapkan oleh saudara-saudara kita. Disamping kita juga perlu menyiapkan taman surga di rumah kita dengan mengundang handai tolan kita untuk bisa menghadirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *